Melihat Kawasan Wisata di Jalur Puncak Dua Bogor Timur - WSProperti | Konsultan dan Training Pemasaran Properti
Melihat Kawasan Wisata di Jalur Puncak Dua Bogor Timur

Melihat Kawasan Wisata di Jalur Puncak Dua Bogor Timur

Jalur Puncak II di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jabar, memiliki potensi wisata alam yang menarik bagi kunjungan wisatawan, salah satunya Wisata Alamnya yang sangat menarik, mulai dari Pemandangannya, Udaranya, hingga Curugnya, yang kini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Melihat Kawasan Wisata di Jalur Puncak Dua Bogor Timur

BossProperti.com – Bagi pemangku kepentingan kepariwisataan di Indonesia, dan bahkan mancanegara, hampir bisa dipastikan tak ada yang tidak kenal dengan Jalur Puncak. Jalur Puncak yang memanjang di antara perbatasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, di Provinsi Jawa Barat adalah sebuah kawasan di ketinggian yang suhu udaranya cukup dingin. Kawasan ini yang belakangan dikenal dengan Puncak I dimulai dari Kecamatan Ciawi, Megamendung, Cisarua, di Kabupaten Bogor hingga menuju Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Namun saat ini kondisinya sudah tidak senyaman dahulu, saat ini jalur menuju puncak selalu dilanda kemacetan yang cukup parah, terlebih lagi pada hari libur atau weekend, walaupun rekayasa lalu lintas sudah dimaksimalkan, tapi kondisinya tetap sering macet

Alternatif Jalur Puncak II

Meski Puncak I sudah dalam kondisi kurang nyaman, dalam artian terjadi kemacetan yang membuat waktu tempuh ke kawasan itu cukup lama, namun otoritas di Pemkab Bogor terus mengembangkan alternatif baru tujuan wisata, Bupati Ade Yasin Mengatakan bahwa Jalur Puncak II dibutuhkan untuk Mengatasi Padatnya kendaraan di jalur Puncak I di kawasan Cisarua, terlebih pada hari kerja dan libur Lebaran. “Saya rasa jalur Puncak II sesuatu yang penting dan ‘urgent’.

Jalur Puncak II akan Menjadi Kawasan Wisata Terpadu

Pemerintah Kabupaten Bogor membuka pintu bagi para investor untuk mengembangkan kawasan yang akan menjadi jalur Puncak II. Pembangunan jalan Poros Tengah Timur (PTT) atau Jalur Puncak II dinilai strategis untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di timur Kabupaten Bogor.

Bupati Bogor, Ade Yasin menyebutkan, wilayah yang dilintasi oleh jalan ini memiliki IPM di bawah rata-rata Kabupaten Bogor yang mencapai 70,65. Setidaknya ada lima kecamatan yang memiliki IPM di bawah angka tersebut.

Menurutnya, kawasan yang dilalui Puncak II juga memiliki potensi wisata alam dan perkebunan. Seperti kopi robusta Catangmalang, yang pernah meraih penghargaan internasional beberapa waktu lalu. Begitu juga dengan potensi wisata yang belum tergarap maksimal. Dia mencontohkan Situ Rawa Gede di Desa Sirnajaya dan wisata Alam Khayangan di Desa Wargajaya. Keduanya berada di Kecamatan Sukamakmur.

TEMPAT WISATA SEPUTAR JALUR PUNCAK II BOGOR

Wisata Curug Wardana
Wisata alam yang cukup terkenal di Kota Bogor adalah curug, dan salah satu curug yang memiliki panorama indah adalah Curug Cakrawardana. Curug ini kini tengah menjadi perbincangan dikalangan traveller karena masih belum terekspose atau terkenla di media sosial.

Wisata Curug Cibaliung
Menikmati Sensasi Jernihnya Air Curug Cibaliung Bogor Jawa Barat, Curug Cibaliung adalah lokasi curug terdalam. Belum banyak pengunjung yang bertandang ke lokasi ini, sehingga dalam dibilang lokasinya paling bersih alami dan lebih sepi. Sangat berbeda dengan Curug Leuwi Hejo yang dipadati pengunjung. Air terjun nya tidak telalu tinggi namun deras dan jernih. Sungai tempat bermuara nya air berwarna hijau toska dan lebih terlihat jelas pada saat musim panas. Menyusuri sungai nya merupakan keistimewaan tersendiri.

Wisata Curug Ciherang
Berada di Jalur Puncak II, Bogor, Provinsi Jawa Barat. Wisata ini memiliki lahan luas, yakni 73 hektare. Setiap wahana di lokasi wisata tersebut berkonsep luar ruangan. Mulai dari resto dengan pemandangan di atas bukit, hingga tempat-tempat berswafoto dengan latar mural menarik.

Wisata Curug Leuwi hejo
Curug Leuwi Hejo, Air Terjun Alami Dengan Kolam Biru Sebening Kristal, Curug Leuwi Hejo terkenal sebagai objek Wisata Alam dengan pemandangan yang indah dan air yang jernih. Curug ini juga disebut sebagai Curug Bengkok, dan merupakan salah satu air terjun kecil dengan kolam air terjun yang cukup luas.

Nama Leuwi Hejo diambil dari bahasa Sunda setempat. Leuwi berarti kolam. Sedangkan hejo berarti warna hijau. Dengan demikian, pasti sudah tergambar betapa hijaunya kolam air terjun di curug tersebut.

Curug Leuwi Hejo Bogor mengalir di sungai Cileungsi. Salah satu daya tarik utamanya adalah sumber air dengan air yang jernih. Hal ini menyebabkan kolam di air terjun ini menarik perhatian pengunjung untuk bermain air sambil berenang dan mandi di sekitar lokasi curug.

Wisata Gunung Batu
Pernah mendengar Gunung Batu? Bukit setinggi 875 meter di atas permukaan laut yang sering menjadi destinasi anak muda di  Bogor. Tapi, untuk kamu yang tidak terlalu tertarik untuk melakukan pendakian tidak perlu khawatir. Kamu yang tetap bisa menikmati sejuknya Kawasan Gunung Batu dan view sekaligus bentuk gunung batu yang unik. Karena saat ini kamu bisa menginap di kaki Gunung Batu bersama teman, keluarga, atau siapapun itu.

Kalau ingin bikin foto pre wedding tentu saja ingin gambar terbaik dong. Nah di salah satu resort di lereng Gunung Batu ini kamu bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Batu yang mempunyai bentuk puncak unik.

Wisata Jurug Cipamingkis
Curug Cipamingkis terletak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari kota-kota besar seperti Jakarta, Depok, dan sekitarnya, membuat air terjun ini jadi primadona baru. Pengelolaannya pun bisa dibilang sangat tertata rapi, menjadikan tempat ini selalu ramai sebagai alternatif dari kawasan Puncak sebagai tujuan berlibur.

Daya tarik pertama pastilah dari air terjunnya. Curug Cipamingkis berasal dari kata Curug dan Cipamingkis. Curug merupakan bahasa Sunda yang berarti air terjun. Sedangkan Cipamingkis diambil dari kata ‘pamungkas’ yang artinya terakhir.
Daya tarik selanjutnya adalah didirikannya berbagai wahana spot foto mengagumkan. Pembangunan wahana-wahana ini berhasil menarik perhatian para pengunjung. Terutama bagi mereka yang memiliki hobi hunting foto.

Beberapa spot tersebut adalah Gardu Pandang, Foto Bintang, Jembatan Cinta, Perahu Asmara, Stone Garden, Taman Barathayuda dan Rumah Pohon. Anda dapat mencoba semua wahana tersebut satu per satu untuk mendapatkan koleksi foto yang kece.

Wisata Situ Rawa Gede
Situ Rawa Gede merupakan kawasan rawa yang terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Pengelolaannya dilakukan secara gotong-royong oleh organisasi pemuda dan warga setempat dengan dibantu oleh pemerintah.
Hingga saat ini kawasan wisata danau ini masih terus dikembangkan agar potensinya sebagai tujuan wisata semakin maksimal. Meski begitu, sudah ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan di sini, di antaranya wisata danau, berkemah, hingga berendam di bawah air terjun alami.

Wisata Villa Khayangan
Destinasi wisata saat ini semakin banyak pilihannya bahkan akan terus bertambah. Seperti halnya di Kota Bogor yang memang kerap dijadikan sebagai tujuan wisata. Tak hanya karena memiliki udara sejuk dan pemandangan yang indah, kota Bogor juga memiliki banyak tempat wisata. Akhir akhir ini yang santer dibicarakan dan di kunjungi adalah Villa Khayangan. Tak hanya sebagai tempat penginapan namun juga sebagai destinasi wisata menarik di Bogor

Sebenarnya Villa satu ini sudah ada sejak lama, hanya saja para pengelolanya baru saja menambahkan beberapa hal yang membuatnya makin cantik. Hal inilah yang kemudian menarik perhatian banyak wisatawan untuk mengunjungi villa satu ini. Selain sebagai penginapan villa ini juga jadi destinasi pariwisata karena memiliki pemandangan yang sangat cantik. Berlatar belakang pegunungan dari ketinggian menjadi daya tarik utamanya.

Mengingat saat ini banyak yang tertarik dengan lokasi yang memiliki pemandangan alam dan juga spot foto, inilah yang membuat penginapan satu ini naik daun. Ada banyak sekali spot foto dengan latar belakang keindahan pemandangannya. Membuat foto yang diambil memang tampak estetik dan cantik. Seperti misalnya spot foto berbentuk perahu yang dibuat dari bambu kemudian diletakkan di bibir jurang yang jadi favorit.

Bisnis Penyewaan villa dapat dijadikan sebagai peluang investasi menjanjikan, untuk pengembalian nilai investasi tercepat, karena villa dapat disewakan, terlebih lagi jika kita punya villa di kawasan wisata Jalur Puncak II Bogor

Jika musim liburan tiba, kehadiran villa kerap jadi incaran para wisatawan. Villa jadi pilihan paling tepat ketimbang hotel. Terkadang, di saat permintaan huniannya tinggi, harga sewa sebuah villa dapat meroket dengan sendirinya.

Gurihnya bisnis ini menjadi peluang menjanjikan. Anda yang memiliki aset properti berupa villa, tentunya berkeinginan untuk memiliki pendapatan yang rutin. Menyewakan villa, menjadi langkah paling tepat untuk mengembalikan nilai investasi properti dalam jangka waktu cepat.

error: Content is protected !!